Oodlebit

cara membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Kelas VI
Semester 1
Tahun Pelajaran 2017 – 2018
Tema       : 3. Tokoh dan Penemu
SUB TEMA : 3. Ayo, Menjadi Penemu
PEMBELAJARAN KE- 5
 
RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )
RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )

Oleh        : ...........................
Nim     :.........................

SDN....................
................................

 
RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD Negeri
Kelas/Semester            : VI (enam) / 1
Tema                           : Tokoh dan Penemuan
Subtema                      : Ayo, Menjadi Penemu
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (70 menit)
Pembelajaran               : 5
Hari / Tanggal             : Senin, 14 September 2017 

     A.    Kompetensi Inti (KI)

KI 1 :
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Baca juga : 

     B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
3.2     Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
          Indikator :
3.2.1 Menjelaskan isi teks eksplanasi ilmiah tentang energi listrik dan baterai.
4.2     Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
          Indikator :
4.2.1 Menyajikan teks eksplanasi ilmiah tentang energi listrik dan baterai.

IPA
3.1     Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
          Indikator :
3.1.1 Menjelaskan hubungan energi listrik dan baterai.
4.3     Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
          Indikator :
4.3.1 Menyajikan laporan hasil observasi tentang energi listrik dan baterai.
IPS
3.1     Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan. Dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia .
          Indikator :
3.1.1  Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat dengan ditemukannya baterai.
4.1     Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan atau media lainnya.
          Indikator :
4.1.1  Mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar di aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dengan ditemukannya baterai.
     C.     Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan observasi, siswa mampu menjelaskan perbedaan dua jenis baterai dan hubungannya dengan energi lisrik dengan logis.
2.      Dengan investigasi, siswa mampu menyajikan teks eksplansi ilmiah tentang energi listrik dan baterai dengan semangat teliti.
3.      Dengan observasi, siswa mampu menyajikan laporan hasil observasi tentang energi listrik dan baterai dengan logis.
4.      Dengan investigasi, siswa mampu menemukan perubahan kehidupan masyarakat dengan ditemukannya baterai dengan kritis.
5.      Dengan investigasi, siswa mampu mengomunikasikan hasil pengamatan tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar di aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dengan ditemukannya baterai dengan kritis.


     D.    Materi Pembelaaran

§  Membaca dan menemukan informasi dari berbagai sumber..
§  Menulis teks eksplanasi ilmiah berdasasrkan hasil pengamatan.
§  Menuliskan data hasil investigasi tentang pengaruh listrik dan baterai bagi masyarakat di aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya

.
     E.     Metode Pembelajaran
§  Pendekatan   :  Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi /  mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
§  Metode      :  Permainan / simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

     F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
§  Buku Siswa Tema : ”Tokoh dan Penemuan”, Subtema : Ayo, Menjadi Penemu Kelas VI (Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015, halaman 129-134).
§  Baterai sekali pakai dan baterai isi ulang.
§  Power Bank.
§  Video 

     G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agma dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengajak semua siswa untuk hormat pada bendera Merah Putih yang berada di dalam kelas dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan megisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “ Tokoh dan Penemuan”.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Yaitu ”Siswa mamahami tentang perbedaan baterai sekali pakai dan baterai isi ulang serta dampak penggunaan baterai sekali pakai dan baterai isi ulang dengan baik dan benar”
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan.
5 menit
Kegiatan Inti
§  Siswa diminta memperhatikan sekitar mereka untuk menemukan benda-benda yang menggunakan baterai. (Mengamati)
§  Siswa menonton video tentang energi listrik dan baterai.(mengamati)
§  Siswa mencatat informasi yang didapat pada sehelai kertas sebagai bahan untuk kegiatan berikutnya di kelas. (Mengekplorasi)
§  Siapkan dua jenis baterai, yaitu baterai sekali pakai dan baterai isi ulang.
§  Bagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil untuk mengamati dua jenis baterai tersebut. Usahakan setiap kelompok mendapatkan dua jenis baterai untuk diamati bersama.
§  Siswa berdiskusi berpasangan dengan seorang teman untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tentang baterai.
§  Siswa melakukan analisa untuk menemukan persamaan dan perbedaan dari: pusat pembangkit listrik, baterai isi ulang, dan baterai sekali pakai. (Mengasosiasi) penilaian 1
§  Siapkan Power Bank dan tunjukkan pada siswa untuk memperdalam wawasan mereka tentang listrik dan baterai.
§  Ingatkan siswa untuk bersyukur pada Tuhan yang telah membantu manusia menemukan energi listrik dan baterai. Memilih untuk menggunakan baterai isi ulang adalah wujud dari rasa syukur tersebut
§  Siswa bersama guru mencari tahu tentang pengaruh baterai dalam kehidupan masyarakat. Ingatkan mereka bahwa seorang penemu selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tekad kuat, disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah.
§  Siswa menuliskan dalam bagan yang tersedia. (Penilaian 3) (Mengasosiasi)
60 menit
Penutup
§  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
§  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per¬temuan berikutnya.
§  Menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.
5 menit

 
    H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b.      Penilaian Pengetahuan: jawaban singkat, uraian.
c.       Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Richard



2
Naula



3
......



Keterangan : 1 : Kurang, 2 : Cukup, 3 : Baik, 4 : Baik Sekali
3.      Penilaian
a.       Penilaian tugas IPA, menjawab pertanyaan ,dan diperiksa kebenarannya.
b.      Penilaian tugas Bahasa Indonesia : tulisan eksplanasi tentang listrik dan baterai. Berdasarkan Pengamatan.
Keterampilan
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Membaca: menjawab pertanyaan bacaan.
Menuliskan 5 informasi dari pertanyaan bacaan dengan benar.
Menuliskan 4 informasi dari pertanyaan bacaan dengan benar.
Menuliskan 3 informasi dari pertanyaan bacaan dengan benar.
Menuliskan 2 informasi dari pertanyaan bacaan dengan benar.
Menulis: tulisan eksplanasi ilmiah
Paragraf lengkap memuat: pernyataan umum, penjelasan, dan interpretasi. Pemakaian huruf besar dan tanda baca tepat.
Penggunaan kosa kata baku benar Tulisan rapi dan terbaca
Informasi berdasarkan fakta hasil wawancara dan observasi.
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.
Hanya memenuhi 2 kriteria.
Berbicara: Wawancara dengan nara sumber
Siswa melakukan wawancara dengan: Pertanyaan yang jelas dan dimengerti.
Suara terdengar dengan jelas . Percaya diri.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1.
Menyimak
Siswa menyimak jawaban nara sumber dengan:
Penuh perhatian. Menulis informasi hasil wawancara dengan tepat. Memberikan tanggapan  dengan tepat.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1.
Sikap
Siswa mengerjakan tugas dengan: Tekun
Mandiri
Percaya diri
Selesai tepat waktu.
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.
Hanya memenuhi 1 kriteria.
Skor:   16 × 10 = 8,3 
20
Keterampilan
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Menulis: tulisan eksplanasi ilmiah
Paragraf lengkap memuat: pernyataan umum, penjelasan, dan interpretasi. Pemakaian huruf besar dan tanda baca tepat.
Penggunaan kosa kata baku benar Tulisan rapi dan terbaca
Informasi berdasarkan fakta hasil wawancara dan observasi.
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.
Hanya memenuhi 2 kriteria.
Berbicara: Wawancara dengan nara sumber
Siswa melakukan wawancara dengan: Pertanyaan yang jelas dan dimengerti.
Suara terdengar dengan jelas . Percaya diri.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1.
Menyimak
Siswa menyimak jawaban nara sumber dengan:
Penuh perhatian. Menulis informasi hasil wawancara dengan tepat. Memberikan tanggapan  dengan tepat.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria di kolom 1.
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1.
Sikap
Siswa mengerjakan tugas dengan: Tekun
Mandiri
Percaya diri
Selesai tepat waktu.
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.
Hanya memenuhi 1 kriteria.
Skor:   16 × 10 = 8,3 
20

c.       Penilaian tugas IPS : Pengaruh baterai pada Kehidupan masyarakat sekitar.
Kriteria
Bagus (4)
Cukup (3)
Kurang (2)
Berlatih Lagi (1)
Mengumpulkan informasi pengaruh baterai terhadap kehidupan masyarakat
Menemukan paling sedikit 4 contoh pengaruh di aspek  Sosial
Menemukan 3 contoh pengaruh aspek sosial.
Menemukn 2 contoh pengaruh di aspek sosial. 
Menemukan 1 contoh pengaruh aspek sosial.
Menemukan paling sedikit 4 pengaruh di aspek ekonomi
Menemukan 3 pengaruh di aspek ekonomi
Menemukan 2 pengaruh di aspek ekonomi
Menemukan 1 pengaruh di aspek ekonomi
Menemukan paling sedikit 4 contoh pengaruh di aspek Pendidikan
Menemukan 3 contoh pengaruh di aspek Pendidikan
Menemukan 2 contoh pengaruh di aspek Pendidikan
Menemukan 1 contoh pengaruh di aspek Pendidikan
Menemukan paling sedikit 4 contoh pengaruh di aspek Budaya.
Menemukan 3 contoh pengaruh di aspek Budaya.
Menemukan 2 contoh pengaruh di aspek Budaya.
Menemukan 1 contoh pengaruh di aspek Budaya.
Kesimpulan
Seluruh informasi benar
Sebagian informasi benar
Setengah bagian informasi benar
Hanya sebagian kecil informasi yang benar
Ketrampilan
Siswa mampu bertanya bersikap santun, rajin, pntang menyerah, percaya diri
Memenuhi 3 dari 5 kriteria dikolom 1
Memenuhi 2 dari 5 kriteria di kolom 1
Hanya memenuhi 1 kriteria di kolom 1


Mengetahui                      Senin, 14 september 2017
         Guru Kelas VI                               Praktikan    






(................. S.Pd SD )
NIP. .............................                ( ...........................  ) 
 
Kepala Sekolah,

( ............................. S.Pd) 
NIP. ....................................


Demikianlah cara membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) semoga bermanfaat


0 Response to "cara membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang relevan dan jangan melakukan SPAM atau meninggalkan link hidup demi kebaikan dan terjamin keindahan dalam persahabatan.